Frequently Asked Questions (FAQ)

Tanya Jawab Kihajar STEM


A.

Kihajar STEM 2022 dilaksanakan secara daring dan setiap peserta akan berkompetisi sesuai dengan jenjang di provinsi masing-masing. Peserta terbaik dari tiap provinsi menjadi Gen Kihajar yang diharapkan dapat menjadi agen penggerak pemanfaatan TIK (layanan Pusdatin), seperti TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, Rumah Belajar, dan akun pembelajaran.

A.

Peserta Kihajar STEM 2022 adalah tim yang terdiri dari 3 siswa dari sekolah yang sama dan didampingi oleh 1 (satu) guru pendamping. 

Peserta merupakan siswa kelas 4, 5 dan 6 untuk jenjang SD, kelas 7, 8 dan 9 untuk jenjang SMP dan Kelas 10, 11 dan 12 untuk jenjang SMA/SMK.

A.

Pemilihan tim diserahkan ke sekolah masing-masing (boleh dari kelas/jurusan yang berbeda, atau sama yang penting berasal dari sekolah yang sama).

A.

Boleh, tidak ada batasan bagi sekolah untuk mengirimkan tim dalam penyelenggaraan Kihajar STEM 2022.

A.

Guru pendamping setiap tim berjumlah 1 orang, namun guru pendamping tersebut dapat menjadi pendamping untuk beberapa tim dari sekolah yang sama.

A.

  1. Menentukan susunan tim (ketua dan anggota tim)
  2. Mendampingi tim saat melaksanakan pendaftaran
  3. Mendampingi dan memantau perkembangan tim dalam menyelesaikan setiap tahapan penyelenggaraan Kihajar STEM 2022
  4. Memotivasi tim untuk dapat melewati tahapan Kihajar STEM yang telah ditentukan  
  5. Pendamping dari tim yang lolos ke tahap Final Kihajar STEM 2022 akan diberikan Bimbingan Teknis tentang Desain dan Produksi Media Pembelajaran berbasis STEM dan akan mendapatkan sertifikat minimal 32 JP.

A.

*Siswa didampingi oleh guru melakukan registrasi pada Aplikasi Mobile Rumah Belajar yang dapat diunduh melalui Playstore, pilih menu Pendaftaran Kihajar STEM.

Tautan Panduan Pendaftaran dapat diakses melalui https://bit.ly/pendaftaran_kihajar2022

Catatan : Pendaftaran menggunakan satu email yang diketahui (username dan password) oleh seluruh anggota tim. Pastikan email yang didaftarkan merupakan email yang aktif dan valid.

Siswa didampingi oleh guru melakukan registrasi pada Aplikasi Mobile Kihajar yang dapat diunduh melalui Playstore, pilih menu Pendaftaran Kihajar STEM atau melalui website kihajar.kemdikbud.go.id

A.

Untuk tahap Basic dan Intermediate, peserta login ke laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau menggunakan aplikasi Mobile Kihajar STEM 2022 dengan memasukan username dan password tim yang telah didaftarkan. Tim mengerjakan soal bersama-sama dengan timnya secara daring menggunakan smartphonelaptop, dan tablet. Harus dipastikan perangkat yang digunakan dalam performa yang baik dengan akses internet yang mendukung.

A.

Peserta tidak harus berada dalam satu tempat untuk mengerjakan soal.

Catatan : Bagi daerah tertentu yang masih berstatus PPKM, maka tim harus tetap mengikuti peraturan pada daerahnya.

A.

Soal-soal STEM pada babak Basic dan Intermediate adalah soal yang mengandung unsur Science, Technology, Engineering dan Mathematic.

A.

Untuk tahap Basic dan Intermediate masing-masing terdiri dari 20 soal dalam bentuk pilihan ganda, yang harus dikerjakan oleh peserta dalam durasi 90 menit.

A.

Tidak, nilai pada tahap Basic dan Intermediate berdiri sendiri. Nilai pada tahap final terdiri dari akumulasi nilai video dan presentasi untuk Gen Kihajar terbaik dengan predikat Juara Umum. Sedangkan Gen Kihajar terbaik dengan predikat Juara Ter-Berpikir Kritis, Ter-Kreatif, Ter-Kolaboratif, dan Ter-Komunikatif akan dinilai berdasarkan nilai tertinggi dari masing-masing aspek tersebut.

A.

Seluruh peserta yang mendaftar di Kihajar STEM 2022.

A.

20 Tim terbaik dari tiap jenjang dan tiap provinsi yang lolos dari Kihajar STEM tahap Basic dapat mengikuti Kihajar STEM tahap Intermediate.

A.

2 Tim terbaik dari tiap jenjang dan tiap provinsi yang lolos dari Kihajar STEM tahap Intermediate dapat mengikuti Kihajar STEM tahap Final.

A.

Dala tahap final peserta akan ditugaskan untuk membuat suatu produk berdasarkan tema yang dipilih oleh masing-masing tim. Proses pembuatan produk tersebut didokumentasikan dalam video yang dibuat oleh tim dengan didampingi guru pendamping. Pembuatan video harus memperhatikan pola EDP, unsur STEM, aspek 4C, struktur video, spesifikasi teknis dan non teknis. Tema video setiap tim didapatkan melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau aplikasi Mobile Kihajar 2022.

 

A.

A.

  1. Communication: Kemampuan mengungkapkan kata-kata dengan jelas tentang hal-hal yang dipikirkan secara efektif menggunakan oral, tulisan, dan keterampilan komunikasi nonverbal, mendengarkan secara efektif untuk menguraikan makna, dan menggunakannya untuk tujuan tertentu
  2. Critical Thinking: Kemampuan berpikir dengan menggunakan kemampuan menganalisis informasi, memberikan pendapat dengan disertai bukti yang mendukung, tidak berpikiran sempit, melakukan penyelidikan atas informasi baru yang diperoleh.
  3. Creativity: Kemampuan mendeteksi, mengenali, dan memahami serta menanggapi suatu pernyataan, situasi, atau masalah, menghasilkan banyak gagasan, mengemukakan bermacam-macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah, mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang, menambah suatu situasi atau masalah sehingga menjadi lengkap, dan merincinya secara detail.
  4. Collaboration: Kemampuan untuk bekerja secara efektif dan menghormati perbedaan kelompok, memiliki fleksibilitas dan kemauan berkompromi yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama, memiliki pemahaman tugas kolaboratif merupakan tanggung jawab bersama dan menghargai kontribusi individu oleh setiap anggota tim.

A.

Spesifikasi Teknis:

  1. Durasi antara 8 - 11 menit (Opening - Isi program - Closing - Credit title)
  2. Orientasi layar: Landscape
  3. Aspect Ratio 16 : 9
  4. Ukuran gambar minimal HD (1280 px X 720 px)
  5. Logo sekolah hanya boleh dimunculkan di bagian akhir program (credit title) 
  6. Audio
    1. Narasi atau dialog harus terdengar jelas (average -12db).
    2. Musik yang mengiringi dialog tidak lebih dominan dari narasi (dengan komposisi 80% narasi dan 20% ilustrasi musik/backsound)
    3. Untuk kebutuhan musik dapat menggunakan free music non- copyright sound yang ada pada koleksi audio di Youtube  studio atau pada platform lainnya yang memberikan konten audio no copyright seperti NCS (ncs.io)
    4. Musik opening yang digunakan adalah opening jingle Kihajar dan musik latar adalah musik tanpa lirik (hanya ilustrasi)
  7. Tidak terdapat watermark pada tampilan video

 

Spesifikasi Non Teknis:

  1. Setiap tim membuat produk (barang/desain/sketsa/dll) berdasarkan tema yang dipilih. Proses kerja tim dan pembuatan produk tersebut dijelaskan dalam video dan laporan kerja tertulis (laporan riset) yang diunggah ke aplikasi. Laporan riset berisi:
    1. Tujuan riset: menjelaskan informasi apa yang ingin diketahui dari responden
    2. Metode riset: metode yang akan digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi. Dapat berbentuk wawancara atau survey
    3. Kriteria penerima manfaat: kriteria penerima manfaat yang akan kalian wawancarai dan atau mengisi survey.
    4. Daftar pertanyaan wawancara: hal-hal yang akan ditanyakan ke penerima manfaat yang diwawancarai dan atau diminta mengisi survey
  2. Video berdurasi pendek dengan format yang menarik, bisa menggunakan salah satu format seperti:
    1. Menggunakan voice over (VO), 
    2. Menggunakan Host/ Presenter
  3. Struktur video terdiri dari: 
    • Bumper in
    • Grafis judul proyek
    • Pembuka
      1. Perkenalan tim 
      2. Tujuan pembuatan proyek
    • Isi: pembuatan proyek berdasarkan EDP
    • Penutup: Kesimpulan proyek 
    • Credit title (pembimbing, tim, dan referensi yang digunakan)
    • Bumper out
  4. Berdasarkan pola EDP (Engineering Design Process)
    1. Identifikasi masalah atau kebutuhan
    2. Penyelidikan terhadap masalah
    3. Pengembangan alternatif penyelesaian masalah
    4. Menentukan alternatif solusi masalah/ pemenuhan kebutuhan terbaik
    5. Membuat prototipe
    6. Uji coba dan evaluasi prototipe
    7. Perbaikan prototipe
    8. Sosialisasi solusi
  5. Memasukkan salah satu atau lebih layanan produk pusdatin (TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, Rumah Belajar) sebagai referensi.
  6. Penilaian pada tahap final (video tematik dan presentasi) didasarkan pada pola EDP dan kompetensi pembelajaran abad 21, yaitu 4C (kolaboratif, berpikir kritis, komunikatif, dan kreatif).

A.

Produk yang dihasilkan pada tahapan final tidak harus berbentuk barang jadi, namun bisa dalam bentuk desain atau gambar maupun sketsa.

A.

  1. Kegiatan presentasi video tematik dilakukan menggunakan video conference dengan aplikasi Google meet
  2. Setiap tim mempersiapkan laptop dengan performance yang baik, koneksi internet yang stabil, media presentasi (minimal powerpoint)
  3. Tim berpenampilan menarik, rapi, dan sopan
  4. Tim diperkenankan membuat presentasi dengan kreativitas masing-masing
  5. Alokasi waktu presentasi video tematik akan berlangsung selama 15 (lima belas) menit, dengan komposisi 1 (satu) menit perkenalan, 4 (empat) menit presentasi dan 10 (sepuluh) menit interaksi atau tanya jawab. Tim sudah siap dalam room meeting online 10 menit sebelum jadwal.
  6. Teknis >> peserta masuk ke dalam room meeting online >> masuk kedalam breakout room untuk presentasi di depan juri
  7. Setiap tim mempresentasikan produk yang dibuat dalam video tematik dengan poin-poin: 
    1. Persona/profil penerima manfaat
    2. Sudut pandang penerima manfaat
    3. Pernyataan masalah
    4. Bagaimana kita bisa/ How might we?
    5. Action plan
  8. Produk yang ditampilkan bisa berupa barang jadi, desain, prototipe, dll
  9. Materi presentasi video tematik  dicermati pada aspek penilaian 4C (Communication, Critical Thinking, Creativity, dan Collaboration)
  10. Setiap tim akan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri
  11. Penyampaian bahan presentasi disampaikan oleh satu orang anggota tim. Di sesi tanya jawab, seluruh anggota tim dapat ikut menjawab pertanyaan.
  12. Setelah juri mempersilahkan, tim memperkenalkan diri dan melakukan presentasi sesuai waktu yang diberikan
  13. Kepala sekolah dan guru pendamping tim diperbolehkan masuk ke ruang video conference tetapi tidak diperkenankan membantu peserta pada saat presentasi

A.

  1. Pembukaan (Perkenalan Tim, Guru Pembimbing, Sekolah) tidak perlu menampilkan nyanyian atau yel yang terlalu panjang, waktu perkenalan maksimal 1 menit
  2. Penyampaian Isi Presentasi 
    1. Persona/profil penerima manfaat: Persona penerima manfaat adalah karakteristik, demografi (usia, domisili, jenis kelamin, dsb), psikografis (gaya hidup, nilai/ prinsip hidup, minat, kepribadian, dsb). Orang-orang seperti apa yang membutuhkan solusi dari kalian. 
    2. Sudut pandang penerima manfaat: Sudut pandang penerima manfaat yang berhubungan dengan masalah yang ingin diselesaikan, dengan cara menceritakan kebutuhan, hal-hal yang membuat frustasi, hal-hal yang disukai dan tidak disukai dari proses/ metode/ solusi yang ada sekarang dan ingin diperbaiki
    3. Pernyataan masalah: Sebuah pernyataan yang menggambarkan masalah spesifik yang ingin kalian cari solusi atau perbaikannya. Pernyataan dibuat dalam satu kalimat yang jelas, ringkas, dan mudah dimengerti
    4. Bagaimana kita bisa/ How might we?: Kalimat yang membantu kita memikirkan apa yang bisa kita bantu/ perbaiki/ permudah dari masalah yang dihadapi penerima manfaat. Buatlah setidaknya tiga pertanyaan yang diawali dengan kalimat “Bagaimana kita bisa …”
    5. Action plan: Rencana kegiatan yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan produk pusdatin, seperti TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, Rumah Belajar dan akun pembelajaran
  3. Penutupan (Kesimpulan & Harapan)

A.

Juara Kihajar STEM 2022 akan mendapatkan plakat, tabungan Pendidikan dan sertifikat dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

A.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pelaksanaan Kihajar STEM 2022, peserta dapat mengakses media sosial Instagram @tvedukasi_kemdikbud dan channel telegram sesuai dengan jenjang masing – masing.

A.

*Siswa didampingi oleh guru melakukan registrasi pada Aplikasi Mobile Rumah Belajar yang dapat diunduh melalui Playstore, pilih menu Pendaftaran Kihajar STEM.

Tautan Panduan Pendaftaran dapat diakses melalui https://bit.ly/pendaftaran_kihajar2022

Catatan : Pendaftaran menggunakan satu email yang diketahui (username dan password) oleh seluruh anggota tim. Pastikan email yang didaftarkan merupakan email yang aktif dan valid.

 

A.

Peserta yang telah mendaftar akan mendapatkan konfirmasi ke email yang didaftarkan.

A.

  1. Pastikan email yang Anda gunakan sudah benar
  2. Jika email sudah benar tunggu beberapa saat atau cek pada folder Spam
  3. Jika masih belum ada konfirmasi, hubungi helpdesk, dengan mencantumkan informasi berikut:
    • Email Tim yang didaftarkan :
    • Nama seluruh anggota tim :
    • Asal Sekolah:

A.

Hubungi helpdesk dengan mencantumkan informasi berikut: 

  • Email Tim yang didaftarkan :
  • Nama seluruh anggota tim :
  • Asal Sekolah:

A.

  1. Silahkan login ke kihajar.kemdikbud.go.id atau melalui Aplikasi Mobile Kihajar STEM 2022
  2. Ganti nomor Hp pada halaman profile, dengan langkah sebagai berikut: 
    1. klik tombol profile pada bagian kanan atas laman
    2. setelah muncul halaman data tim, klik pada bagian kolom nomor HP, lalu masukkan nomor HP yang di-update
    3. klik Simpan

A.

  1. Pada halaman Login, klik menu lupa password
  2. Masukkan email tim yang digunakan pada saat mendaftar. Konfirmasi reset password akan dikirim ke email tim.

  3. Cek email konfirmasi perubahan password.
  4. Klik tombol konfirmasi lupa password pada email

  5. Isikan password baru dan klik Update
  6. Setelah berhasil silahkan login dengan user dan password yang baru.

A.

Ketika Anda klik lupa password, perhatikan durasi waktu yang diberikan sistem untuk merubah password. Untuk menghindari password kadaluarsa maka penggantian password baru harus segera dilakukan.

Jika ada keterangan password kadaluarsa, silahkan ulangi lagi klik lupa password dan segera ganti dengan password baru.

A.

Maksimal jumlah device (perangkat) yang digunakan untuk login per tim dalam waktu yang bersamaan adalah 3 device. Koordinasi terlebih dahulu dengan seluruh anggota tim untuk memastikan apakah ada yang login/sedang mengerjakan soal.

  1. Jika ada yang sedang login/mengerjakan soal, tunggu tim Anda selesai mengerjakan soal latihan dan pastikan klik tombol selesai. Setelah itu silakan coba LOGOUT PAKSA. Lalu coba Login kembali.
  2. Jika tidak ada yang sedang login/mengerjakan soal, silakan klik tombol LOGOUT PAKSA pada halaman Login. Konfirmasi LOGOUT PAKSA akan dikirim ke email tim. Baca mekanisme Logout Paksa pada topik “Bagaimana cara LOGOUT PAKSA” di FAQ

A.

Pastikan terlebih dahulu apakah tim sudah melakukan konfirmasi pada email konfirmasi yang masuk setelah pendaftaran.

Jika belum konfirmasi, silahkan klik tombol konfirmasi, lalu coba login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan.

A.

A.

Bisa. Maksimal jumlah device yang digunakan untuk login per tim dalam waktu yang bersamaan adalah 3 device.

A.

Bisa, perlu diingat jawaban yang akan tersimpan dalam sistem adalah jawaban yang diinput paling akhir.

Jika 3 peserta dalam 1 tim mengerjakan soal yang sama, klik tombol refresh/reload pada browser atau pada bagian kanan atas halaman soal kihajar.

A.

Jawaban tetap tersimpan di sistem dan pengerjaan soal bisa dilanjutkan oleh anggota lainnya yang masih terhubung dengan sistem.

A.

Bisa, silahkan login kembali menggunakan browser dan device/perangkat yang sama.

A.

Bisa, namun jika saat login muncul keterangan Tidak bisa Login karena Account sudah digunakan dengan 3 device, silakan koordinasi dengan seluruh anggota tim terlebih dahulu sebelum klik LOGOUT PAKSA.

Setelah LOGOUT PAKSA, silakan coba Login kembali.

A.

Tim yang terputus dari sistem karena kendala koneksi internet bisa login kembali jika waktu pelaksanaan masih tersedia.

Sisa waktu yang dimiliki adalah sisa waktu yg tersedia dalam sistem Kihajar STEM, sehingga durasi selama terputus koneksi akan mengurangi sisa waktu yang tersedia.

A.

Jawaban yang sudah dikerjakan akan tersimpan oleh sistem walaupun belum semua soal terjawab.

A.

Ya, jawaban tersimpan oleh sistem walaupun status jawaban "ragu ragu"