A.

Kihajar STEM dilaksanakan secara daring melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id dan Aplikasi PlayStore Kihajar STEM yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu Basic, Intermediate, Advanced dan Final.

A.

Peserta Kihajar STEM adalah tim yang terdiri dari 3 (tiga) peserta didik dan didampingi oleh 1 (satu) guru pendamping dari sekolah yang sama.

Peserta merupakan siswa kelas 4, 5 dan 6 untuk jenjang SD, kelas 7, 8 dan 9 untuk jenjang SMP dan Kelas 10, 11 dan 12 untuk jenjang SMA/SMK pada tahun ajaran 2024/2025.
Anggota tim berasal dari kelas yang sama atau berbeda.

A.

Pemilihan tim diserahkan ke sekolah masing-masing (boleh dari kelas/jurusan yang sama atau berbeda asal dari sekolah yang sama).

A.

Boleh, tidak ada batasan jumlah tim untuk mengikuti Kihajar STEM.

A.

Guru pendamping boleh mendampingi lebih dari 1 (satu) tim.

A.

1. Memilih dan menentukan susunan tim (ketua dan anggota tim)
2. Mendampingi tim saat melakukan pendaftaran
3. Mendampingi dan memantau tim menyelesaikan setiap tahapan

A.

1. Tim mendaftar melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau melalui Mobile Apps Kihajar STEM yang dapat diunduh melalui PlayStore.
2. Tim melakukan pendaftaran pada Menu Pendaftaran dengan menyiapkan NPSN, identitas Guru Pendamping, NISN dan email belajar.id
3. Tim menentukan salah satu email anggota tim yang akan digunakan sebagai akun tim untuk mengakses ke laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau Mobile Apps Kihajar.
4. Tim harus melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email konfirmasi yang dikirimkan panitia ke akun email tim.
5. Tim yang telah mendaftar wajib bergabung ke grup telegram sesuai dengan jenjang masing-masing untuk mendapatkan informasi terkini.
6. Tim yang telah mendaftar dapat mengerjakan latihan soal pada menu Ayo Berlatih pada laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau Mobile Apps Kihajar.
7. Tim dapat melaporkan kesalahan data tim melalui Pusat Bantuan di laman https://kihajar.kemdikbud.go.id sebelum masa pendaftaran berakhir.

A.

Pastikan email yang digunakan sudah benar.
Jika email sudah benar, silakan cek folder Kotak Masuk/Inbox atau cek folder Spam.
Jika masih belum ada konfirmasi, akses Pusat Bantuan dan pilih kategori kendala, kemudian menuliskan kode tim dan email tim.

A.

1. Akses ke laman kihajar.kemdikbud.go.id dan klik Menu Login
2. Pada halaman Login, klik menu lupa password
3. Masukkan email tim yang digunakan pada saat mendaftar.
4. Konfirmasi reset password akan dikirim ke email tim.
5. Cek email konfirmasi perubahan password.
6. Klik tombol konfirmasi lupa password pada email
7. Isikan password baru dan klik Update
8. Setelah berhasil, silahkan login dengan password yang baru.

A.

Bagi peserta yang tidak memiliki Akun belajar.id , maka peserta bisa mengajukan pembuatan Akun belajar.id melalui Admin sekolah. Informasi detail mengenai pengajuan Akun belajar.id bagi peserta didik dapat dilihat pada tautan berikut: https://pusatinformasi.belajar.id/hc/id/articles/12297871784601-Panduan-Pengajuan-Pembuatan-Akun-belajar-id-Peserta-Didik-Secara-Bulk

A.

Panduan untuk mendapatkan Akun belajar.id bagi Admin Sekolah dapat dilihat pada tautan berikut: https://pusatinformasi.belajar.id/hc/id/articles/9617460105625-Panduan-Mendapatkan-Akun-belajar-id-untuk-Admin-Sekolah

A.

Apabila peserta Kihajar lupa password Akun belajar.id, maka peserta dapat melakukan reset (pengaturan ulang) melalui Admin Sekolah maupun secara mandiri melalui situs belajar.id. Panduan lengkap reset password Akun belajar.id dapat dilihat pada tautan berikut: https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/4433356533401-Panduan-Mengganti-Reset-Password-Akun-belajar-id

A.

Silahkan login ke https://kihajar.kemdikbud.go.id atau melalui Mobile Apps Kihajar
Ganti nomor handphone pada halaman profil, dengan langkah sebagai berikut:
a. klik tombol profil pada bagian kanan atas
b. klik pada bagian kolom nomor handphone yang akan diperbaiki
c. klik Simpan

A.

1. Pastikan sudah mengkonfirmasi pendaftaran melalui email tim.
2. Jika sudah konfirmasi, pastikan email tim dan password yang digunakan benar.
3. JIka masih belum bisa login, silakan akses ke Pusat Bantuan Kihajar.

A.

Jika ada keterangan "password kadaluarsa", silahkan ulangi klik lupa password dan segera ganti dengan password baru.

A.

Pastikan terlebih dahulu apakah tim sudah melakukan konfirmasi pada email konfirmasi yang dikirimkan oleh sistem saat mendaftar.

Jika belum konfirmasi, silahkan klik tombol konfirmasi, kemudian login menggunakan email tim dan password yang didaftarkan.

A.

Soal-soal Kihajar STEM pada tahap Basic dan Intermediate adalah soal yang menguji kemampuan peserta dalam Science, Technology, Engineering, and Math yang berbentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, pilihan benar salah, dan isian singkat.

A.

Untuk tahap Basic dan Intermediate, masing-masing terdiri dari 20 soal dengan pilihan jawaban dan dikerjakan dalam durasi 90 menit.

A.

Nilai pada tahap Basic dan Intermediate berdiri sendiri dan tidak diakumulasikan. Bagi tim yang lolos ke tahap final, nilai pada tahap Advanced akan diakumulasikan dengan nilai di tahap Final.

A.

Seluruh peserta yang terdaftar di Kihajar STEM.

A.

20 Tim terbaik dari tiap jenjang per provinsi yang lolos Kihajar STEM tahap Basic

A.

Pada tahap Basic dan Intermediate, tim mengerjakan soal dengan login ke laman https://kihajar.kemdikbud.go.id atau menggunakan Mobile Apps Kihajar dengan memasukan email tim dan password yang telah didaftarkan.

Tim mengerjakan soal dengan menggunakan 1 perangkat (smartphone/laptop/tablet). Pastikan perangkat yang digunakan dalam perfoma yang baik dengan akses internet yang mendukung.

A.

Ya, tim hanya bisa mengerjakan soal dengan menggunakan 1 perangkat.

A.

Bisa, silahkan login kembali menggunakan browser dan device/perangkat yang sama.

A.

Jawaban tetap tersimpan di sistem dan pengerjaan soal bisa dilanjutkan selama waktu pengerjaan masih tersedia.

A.

Jawaban yang sudah dikerjakan akan tersimpan oleh sistem walaupun belum semua soal terjawab.

A.

Ya, jawaban tersimpan oleh sistem walaupun status jawaban ragu-ragu.

A.

2 Tim terbaik dari tiap jenjang per provinsi yang lolos Kihajar STEM tahap Intermediate

A.

1 Tim terbaik dari tiap jenjang per provinsi yang lolos Kihajar STEM tahap Advanced

A.

Pada Kihajar STEM Advanced, setiap tim membuat desain dari proyek berbasis STEM dengan mengusung kearifan lokal sesuai dengan tema yang dipilih. Tim yang lolos ke tahap advanced akan mendapatkan pendampingan mengenai bagaimana cara membuat desain dan proyek STEM.

A.

Kihajar STEM Final merupakan seleksi terakhir pada pelaksanaan Kihajar STEM. Satu tim terbaik dari tiap jenjang di tiap provinsi yang lolos dari tahap Kihajar STEM Advanced, membuat proyek berbasis STEM berdasarkan desain yang telah dibuat pada tahap Kihajar STEM Advanced dengan mengusung kearifan lokal sesuai dengan tema yang dipilih. Proyek berbasis STEM tersebut didokumentasikan dalam bentuk video, kemudian mempresentasikan proyek yang dibuat dan berkompetisi dengan tim lain sesuai jenjang secara nasional.

A.

Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan mengakses media sosial Instagram @tvedukasi_kemdikbud dan channel telegram sesuai dengan jenjang masing – masing.